Fisiologi obesitas

patofisiologi obesitas

Pada sebagian besar penderita obesitas terjadi resistensi leptin, sehingga tingginya kadar leptin tidak menyebabkan penurunan nafsu makan.

Lebih lanjut, kembar identik biasanya mampu mempertahankan selisih berat badan sekitar 2 pon antara keduanya sepanjang hidup mereka. Hipotesis lipostatik Berdasarkan hipotesis ini, jaringan adiposa menghasilkan sinyal hormonal yang proporsional dengan jumlah lemak.

Mekanisme penyampaian informasi ke pusat kendali di hipothalamus. Reseptor leptin, OB-R, terbentuk dari gen db, dan termasuk dalam famili reseptor sitokin kelas I. Kondisi tersebut disebabkan oleh peran mesin-mesin serba otomatis yang menggantikan hampir semua pekerjaan manusia.

Related Papers. Merokok menyebabkan peningkatan rasio metabolisme dan cenderung untuk menurunkan intake makanan dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Sindrom Dismetabolik Dikenal juga dengan sindrom metabolik atau sindrom resistensi insulin atau sindrom X yang merupakan kumpulan faktor-faktor risiko metabolik untuk terjadinya Penyakit Jantung Koroner.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pengamatan fisiologi obesitas dilaporkan dan berbagai metode pengukuran telah digunakan. Terutama sekali berkenaan dengan jenis dan proposinya, dan atau kombinasi makanan yang dimakan oleh individu, masyarakat atau sekelompok populasi.

PATOFISIOLOGI OBESITAS PADA ANAK EPUB DOWNLOAD

Patofisiologi obesitas Pengaturan jumlah energi yang kita ambil dari makanan melibatkan beberapa jaringan dan mekanisme yang menghubungkan otak dengan usus. Pada anak laki-laki, penisnya terlihat kecil karena sebagian organ tersebut tersembunyi dalam jaringan lemak pubis.

Hal ini dapat mencegah pembekuan bagian tubuh yang terkena terutama tangan dan telinga Syaifuddin, Lesi yang sedemikian juga menyebabkan kelebihan produksi insulin, yang selanjutnya meningkatkan penyimpanan lemak. Riskesdas dalam Idapola menyatakan fisiologi obesitas kecenderungan seseorang untuk mengalami peningkatan berat badan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor misalnya berhenti merokok.

Prevalensi obesitas juga mengalami peningkatan pada kelompok anak-anak dan remaja. Pathophysiology and Clinical Management. Posisi untuk mengurangi Sekresi asam lambung Nyeri nyeri meningkat tingkah laku ekspresif gelisah, meringis, dan Ulkus mukosa lambung mengeluh Perubahan dalam nafsu Nyeri makan Kadar kortisol dalam darah DS: Dalam penelitian pada hewan coba didapatkan bahwa ghrelin merangsang nafsu makan sedangkan injeksi obestatin menghambat nafsu makan.

Proliferasi sel lemak Dalam beberapa bulan umur bayi, sel lemak menaikkan kapasitas penyimpanan lemak dengan cara hipertrofi. Pada suatu turunan tikus, lemak mudah disimpan dalam jaringan asdiposa, tetapi jumlah lipase peka hormon dalam jaringan asdiposa sangat berkurang, sehingga hanya sedikit lemak yang dapat dikeluarkan.

Sistem kekebalan tubuh akan merespon apabila terjadi infeksi dengan melepaskan zat kimia dalam aliran darah dan merangsang hipotalamus untuk menaikan suhu tubuh dan menambah jumlah sel darah putih yang berguna dalam melawan kuman Lestari, Saya tertarik mempelajari pengaruh fisiologi oral pada obesitas dan komorbiditasnya penyakit yang terjadi secara simultan ," ujar Luciano Pereira, profesor di Federal University of Lavras, Brasil, sekaligus pemimpin riset.

Penderita dengan hipertrofi sel lemak menjurus ke arah mudah ketosis sewaktu puasa. Suhu tubuh dikendalikan oleh hipotalamus. Jumlah jaringan lemak diatur secara ketat melalui sinyal neuronal dan humoral yang disampaikan ke otak.

Mulai dari menonton YouTube atau Netflix, membuka media sosial, atau melihat urusan pekerjaan. Princess Hahn Patofisiologi obesitas pada anak obat glukokortikoid Melaporkan nyeri baik dalam jangka panjang secara verbal maupun nonverbal Kadar kortisol dalam darah DO: Acanthosis nigricans menunjukkan beratnya resistensi insulin dan akan berkurang dengan penurunan berat badan.

Makan Sambil Main Ponsel Bisa Bikin Obesitas

Related Post. Disamping itu banyak studi yang membuktikan bahwa kadar kolesterol total dan kolesterol LDL mengalami peningkatan pada obesitas. Menurut Wahyudi Leptin bekerja pada neuron2 didalam nukleus arkuatus hipothalamus dan mengeluarkan sinyal untuk menurunkan produksi neuropeptida Y NPY.

Leptin kemudian merangsang anorexigenic center di hipotalamus agar menurunkan produksi Neuro Peptide —Y NPYsehingga terjadi penurunan nafsu makan.

Pada bayi infant ,penumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini,terutama apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yangtinggi. Komplikasi Obesitas Obesitas dapat menimbulkan berbagai komplikasi serius yang akan menurunkan kualitas hidup, meningkatkan morbiditas dan kematian prematur, antara lain: Untuk menentukan suhu tidak dapat menggunakan panca indera perabaan tanganmaka diperlukan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer.

Saat titik mencapai derajat konstriksi maksimum pembuluh darah mulai berdilatasi.

Makan dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat marah atau depresi. Seper emat bagian lainnya dilepas melalui penguapan dari kulit dan paru, dalam bentuk air yang diubah dari bentuk cair menjadi gas, kj 58kkal dilepaskan untuk setiap mL air.

Bila benda dingin ditempelkan langsung pada kulit, pembuluh darah makin berkontraksi sampai suhu 15oC. Intervensi dan Implementasi Keperawatan Kelebihan volume cairan berhubungan dengan retensi natrium akibat kortisol dalam darah meningkat Tujuan:PATOFISIOLOGI OBESITAS PADA ANAK EPUB DOWNLOAD Hubungan aktivitas fisik dengan komposisi tubuh pada remaja.

Tesis. Semarang.

PATOFISIOLOGI OBESITAS.pptx

Obesitas pada anak. Divisi. Etiologi dan patofisiologi obesitas. Obesitas. Persiapan pre-operatif bedah non-obstetrik pada kehamilan. Obesitas terjadi karena adanya kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk jaringan lemak.

Gangguan keseimbangan energi ini dapat disebabkan oleh faktor eksogen (obesitas primer) sebagai akibat nutrisional (90%) dan faktor endogen (obesitas sekunder) akibat adanya kelainan hormonal, sindrom atau defek genetik (meliputi 10%).Author: ALBADAN. Scribd is the world's largest social reading and publishing site.

ã h Patofisiologi Obesitas Obesitas terjadi karenaketidakseimbangan masukandan keluaran kalori dari tubuhSalah satu penyebabnya adalahgangguan pada regulasi rasa lapar dengan rasa kenyangDisebabkan oleh: – Mutasi leptin / receptor leptin – Over ekspresi NPY PatofisiologiObesitas ã a.

Secara umum obesitas dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori, yangdiakibatkan asupan energy yang jauh melebihi kebutuhan tubuh. Pada bayi (infant),penumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini,terutama.

Obesitas juga berhubungan dengan penyakit-penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup. Sementara itu, overweight atau kelebihan berat badan adalah keadaan di mana berat badan (BB) seseorang melebihi BB normal.

Fisiologi obesitas
Rated 0/5 based on 44 review