Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf

Syndrome gangguan nafas idiopatik Kesulitan bernafas yang sering ditemukan pada bayi dismatur keadaan hipoksia intra uteri akan mengakitbatkan janin mengadakan gasping dalam uterus akibat cairan yang mengandung mekonium yang lengket masuk ke dalam paru janin.

Faktor ibu Penyakit: Koordinasi antara isap dan menelan, dengan penutupan epiglotis untuk mencegah aspirasi pneumonia, belum berkembang dengan baik sampai kehamilan minggu.

Laporan Pendahuluan BBLR pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf

Hal ini berguna sekali dimana bayi akan mendapatkan kasih sayang dan perhatian serta dapat mempererat hubungan psikologis antara ibu dan bayi. Ilmu Kebidanan.

Pencegahan infeksi Bayi preterm dengan berat rendah, mempunyai system imunologi yang kurang berkembang, ia mempunyai sedikit atau tidak memiliki ketahanan terhadap infeksi. Dalam kondisi seperti ini diperlukan pembersihan jalan napas segera setelah lahir aspirasi lendirdibaringkan pada posisi miring, merangsang pernapasan dengan menepuk atau menjentik tumit.

Jaringan lemak bawah kulit sedikit, tulang tengkorak lunak dan mudah bergerak, abdomen buncit, tali pusat tebal dan segar, menangis lemah, kulit tipis, merah dan transparan.

Merokok menyebabkan menurunnya selera makan ibu sehingga asupan energi ibu hamil berkurang, walaupun ada beberapa ibu perokok yang selera makannya tidak berubah.

Perubahan tersebut antara laian: Pengaruh kadar haemogloin ibu terhadap kejadian BBLR Anemia dapat didefenisikan sebagai kondisi dengan kadar Hb berada dibawah normal. Pada masa kehamilan seorang ibu memerlukan makanan lebih banyak dibandingkan wanita tidak hamil.

Karena sangat sensitif dan rapuh, maka sabun yang berbasis alkalis yang dapat merusakmantel asam tidak boleh digunakan. Terhadap Ibu Gizi kurang pada ibu hamil dapat menyebabkan risiko dan komplikasi pada ibu antara lain: Mc Carthy dan Maine menunjukkan bahwa angka kematian ibu dapat diturunkan secara tidak langsung dengan memperbaiki status sosial ekonomi yang mempunyai efek terhadap salah satu dari seluruh faktor langsung yaitu perilaku kesehatan dan perilaku reproduksi, status kesehatan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan.

Kebudayaan yang berpengaruh terhadap BBLR kebiasaan ibu merokok, ketergantungan obat-obatan tertentu terutama jenis psikotropikaKebiasaan ibu mengkonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan ibu melakukan diet ketat atau pantang makanan tertentu.

Cara lain untuk mempertahankan suhu tubuh bayi sekitar 36 0C - 37 0C adalah dengan memakai alat perspexheat shield yang diselimuti pada bayi didalam inkubator.

Dengan demikian bayi preterm mempunyai peningkatan potensi terhadap hipoglikemia, rikets dan anemia. Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin.

Malnutrisi pada awal kehamilan mengakibatkan terbentuknya organ-organ yang lebih kecil dengan ukuran sel normal dan jumlah sel yang kurang secara permanen, sedangkan malnutrisi pada kehamilan lanjut mengakibatkan terbentuk organ yang lebih kecil dengan jumlah sel yang cukup dan ukuran sel yang lebih kecil, sehingga dapat menimbulkan cacat bawaan.

Pernapasan Fungsi pengaturan pernapasan belum sempurna Surfaktan paru-paru masih kurang, sehingga perkembangannya tidak sempurna Otot pernapasan dan tulang iga lemah Dapat disertai penyakit: Usia remaja memberikan risiko terjadinya kelahiran BBLR empat kali lebih besar dibandingkan dengan kelahiran pada usia reproduktif sehat.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Bila inkubator tidak ada, pemanasan dapat dilakukan dengan membungkus bayi dan meletakkan botol-botol hangat disekitarnya atau dengan memasang lampu petromaks di dekat tempat tidur bayi atau dengan menggunakan metode kanguru.

Bayi berat rendah yang dirawat dalam suatu tempat tidur terbuka, juga memerlukan pengendalian lingkungan secara seksama. Belum matangnya fungsi mekanis dari saluran pencernaan. Tetapi hal ini refersibel dan akan memberikan respon yang baik apabila nutrisi diperbaiki.

Selain itu dengan pendidikan dan informasi cukup yang dimiliki ibu diharapkan pelaksanaan Keluarga Berencana dapat berhasil sehingga dapat membatasi jumlah anak, menjarangkan kehamilan, dan dapat menunda kehamilan jika menikah pada usia muda.

Tanda-tanda bayi ini adalah tengkorak kepala keras, gerakan bayi terbaatas, verniks kaseosaa sedikit atau tidak ada, kulit kering tipis berlipat-lipat. Umur ibu hamil yang lebih tua juga dihubungkan dengan adanya penyakit-penyakit yang menyertainya.Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice. Klasifikasi Ada beberapa cara dalam mengelompokkan BBLR (Proverawati dan Ismawati, ): a.

Menurut harapan hidupnya 1) Bayi berat lahir rendah (BBLR) dengan berat lahir gram. 2) Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR) dengan berat lahir gram. 3) Bayi berat lahir ekstrim rendah (BBLER) dengan berat lahir kurang dari gram.

b. Menurut masa gestasinya 1). ยท Laporan Pendahuluan (LP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf. Bayi berat badan lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari gram (WHO, ). Berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

(Huda dan Hardhi, ). Menurut Maryunani dkk, () adapun tanda dan gejala yang terdapat pada bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah: a.

Berat badan. Pdf dateien bearbeiten kostenlos download. Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf
Rated 0/5 based on 37 review