Skema metabolisme lipid

hermawanbtl

Rongga Mulut Proses pencernaan lemak mula-mula terjadi di rongga mulut. Energi yang diperlukan untuk menjalankan reaksi ini disediakan oleh ikatan tioester berenergi tinggi Asetil-KoA.

Bagian polar berada di sisi luar, sedangkan bagian non polar berada di sisi dalam Sebagian besar asam lemak dan monogliserida karena tidak larut dalam air, maka diangkut oleh miselus dalam bentuk besar disebut emulsi dan dilepaskan ke dalam sel epitel usus enterosit.

Perpanjangan rantai oleh kompleks sontase asam lemak terhenti setelah terbentuknya palmitat C Proses oksidasi beta sebagai berikut: Poedjiadji, Anna, Titin Supriyanti.

Untuk mengetahui yang dimaksud dengan lipid 2. Penurunan High density lipoprotein HDL Hiperkolesterolemia menyebabkan faktor-faktor nonlipid seperti kebiasaan merokok, diabetes melitus, hipertensi, rendah LDL, dan abnormalitas elektrokardiografi sebagai faktor resiko yang memberatkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi.

Sintesis Asam Lemak Sintesis asam lemak bukan berarti kebalikan dari jalur penguraian asam lemak, artinya pembentukan asam lemak sebagian besar berlangsung melalui jalur metabolik lain, walaupun ada sebagian kecil asam lemak yang dihasilkan melalui kebalikan dari reaksi penguraian asam lemak dalam mitokondria.

Proses ini dinamakan ketogenesis. Tahap-tahap sintesis asam lemak ditampilkan pada skema berikut. Proses pemecahan lemak jaringan ini dinamakan lipolisis.

Kelebihan protein dalam makanan juga akan menyebabkan metabolisme protein lebih banyak terjadi, yang menghasilkan produk-produk limbah yang harus dibuang.

Sementara itu, anabolisme merupakan metabolisme konstruktif, dimana molekul-molekul prekursor disusun menjadi molekul organik yang lebih besar, dan proses ini membutuhkan energi dalam bentuk ATP. Contoh penting dari lipid kompleks adalah lipoprotein dan glikolipid. Baik lemak nabati maupun lemak hewani, meskipun struktur dan susunannya sedikit berbeda, namun di dalam tubuh keduanya dicerna dengan proses yang sama.

Peningkatan trigliserida TG 4. Sebagai penahan goncangan dan pelindung bagi organ vital tubuh. Proses ini terjadi seiring dengan dilepaskannya energi, biasanya dalam bentuk ATP. Hal ini berhubungan erat dengan berbagai macam proses dalam tubuh yang mengubah makanan dan zat lainnya menjadi energi dan produk metabolik lainnya yang juga digunakan oleh tubuh kita.

Apa fungsi dari lipid? Sintesis asam lemak sesuai dengan degradasinya oksidasi beta. Penyimpanan lemak dan penggunaannya kembali Asam-asam lemak akan disimpan jika tidak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi.

Sebagai vitamin bersama protein Vitamin membantu regulasi proses-proses biologis 2. Ilustrasi peran masing-masing dari 4 klas besar lipoprotein Lipid non gliserida Lipid jenis ini tidak mengandung gliserol. Sebagian dari asetil-KoA akan berubah menjadi asetoasetat, selanjutnya asetoasetat berubah menjadi hidroksi butirat dan aseton.

Karena asam lemak memiliki 10 atom C, maka asetil-KoA yang terbentuk adalah 5 buah. Beberapa ciri penting jalur biosintesis asam lemak adalah: Fosfogliserida fosfolipid Lipid dapat mengandung gugus fosfat. Proses biosintesis yang terjadi di dalam hati 3. Peningkatan kolesterol total TC: Terdapat beberapa jenis lipid, yaitu: Berbagai kelas lipid dihubungkan satu sama lain berdasarkan komponen dasarnya, sumber penghasilnya, kandungan asam lemaknya, maupun sifat- sifat kimianya.

Selain itu, lemak jenuh memudahkan terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah. Kolesterol juga menjadi bagian dari beberapa hormon. Trigliserida akan dipecah menjadi gliserol dan asam lemak.

Dalam kata lain, makan terlalu banyak dan berolahraga terlalu sedikit. Kemudian kilomikron akan ditransportasikan melalui pembuluh limfe dan bermuara divena kava dan bersatu dengan sirkulasi darah.Metabolisme Lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserida.

Pengertian Metabolisme Lipid Dan Prosesnya

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal (vena porta) menuju hati. Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini.

Penghitungan energi hasil metabolisme lipid Dari uraian di atas kita bisa menghitung energi yang dihasilkan oleh oksidasi beta suatu asam lemak. Misalnya tersedia sebuah asam lemak dengan 10 atom C, maka kita memerlukan energi 2 ATP untuk aktivasi, dan energi yang di hasilkan oleh oksidasi beta adalah 10 dibagi 2 dikurangi 1, yaitu 4 kali oksidasi beta, berarti hasilnya adalah 4 x 5 = 20 ATP.

Metabolisme lipid atau lemak adalah proses dimana asam lemak dicerna, dipecah untuk energi, atau disimpan dalam tubuh manusia untuk penggunaan energi dimasa depan. Lemak sangat baik digunakan sebagai sumber energi selular karena lemak memiliki rantai karbon yang lebih panjang sehingga berenergi lebih tinggi.

Metabolisme Lemak Pada Tumbuhan Pdf Download > DOWNLOAD 8b9facfde6 Feel,Better.,Your,Health,Search,Engine,for,Finding,Better,Medical,Information. · Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. · Proses Metabolisme Lipid.

Pengertian Metabolisme Protein

Metabolisme lipid atau lemak berlangsung didalam hati atau hepar. Dilakukan oleh enzin lipase yang terdapat dalam getah usus dan getah pancreas. Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energy utamanya ialah berasal dari lipid netral yakni trigliserid. Hasil pencernaan lipid ialah asam lemak dan gliserol selain itu juga ada yang masih berupa monogliserid.5/5(5).

Skema metabolisme lipid
Rated 3/5 based on 70 review